Senin, 14 Maret 2011

CARA MUDAH MENGAMANKAN E-MAIL

A-lock adalah software yang digunakan untuk mengamankan setiap e-mail yang akan kita kirimkan di jalur publik (internet) baik itu yahoo, gmail, hotmail, dll. Sekarang saya akan coba melakukan sharing bagaimana menggunakan A-lock, yang kita butuhkan adalah :
  1. Tinggal install saja, software A-lock, software ini compatibleke OS Windows XP/Vista, jd ga usah ragu-ragu langsung install aja, tanda klo udah berhasil nginstall bisa liat di taskbar sebelah kanan bawah ada tanda gembok warna kuning.
  2. Internet, tentunya ini optional aja, karena selain untuk mengamankan e-mail, A-lock juga bisa menyandi teks secara offline. Klo mau gunain A-lock untuk e-mail berarti butuh internet.
Contoh Menggunakan A-lock
  1. Menyandi Teks secara Offline
1)Jalankan program Microsoft Word atau Notepad, ini tergantung suka gunain yang mana untuk ngetik.
2)Tulisan/teks yang ada di Microsoft Word atau notepad di block, bisa gunain tombol (Ctrl+A) untuk ngeblok tulisan/teks yang ada.
3)Dalam keadaan tulisan/teks di blok, klik kanan gambar gembok A-lock yang ada di taskbar, nanti akan keluar menu-menu software A-lock.
4)Untuk menyandi, pilih menu Encrypt, nanti akan diminta password/kunci
5)Masukkan password/kunci yang anda mau, disini saya mencontohkan kuncinya “123456” (tanpa tanda kutip). ini bukan full version, jadi panjang kunci yang mampu di akomodasi oleh A-lock Cuma sepanjang 6 karakter.
6)Setelah password/kunci dimasukkan, maka klik [OK]
Tambahan :
Lamanya proses enkripsi tergantung dari banyaknya tulisan/teks, jadi semakin banyak tulisan/teks maka proses enkripsi akan relatif lama. Untuk proses dekripsi, langkah-langkahnya sama seperti proses enkripsi, Cuma bedanya adalah pada pilihan menu di A-lock, pilih decrypt, masukkan kunci/password, klik [OK].
II. Menyandi Online (untuk aplikasi e-mail)
Untuk menggunakan A-lock pada aplikasi e-mail seperti yahoo, gmail, plaza, hotmail, dll. Langkah-langkahnya sama seperti menyandi offline, disini saya tidak bisa memberikan gambar karena saya tidak online internet, tetapi akan saya jelaskan setiap langkah secara jelas,
-seperti biasa login account ke yahoo mail, masukkan account & passwordnya.
-Setelah login, untuk mengirim e-mail klik “compose”
-Isikan alamat e-mail tujuan, subject-nya, CC-nya, dan message-nya (hal ini seperti melakukan kirim e-mail biasa)
-Nah pada message inilah aplikasi A-lock digunakan untuk security, tuliskan isi pesan seperti biasa & jika sudah menulis pesan tinggal memblok isi pesan (seperti di menyandi offline), kemudian klik kanan di gembok A-lock (tentunya dalam keadaan isi pesan terblok), pilih menu Encrypt, masukkan password/kuncinya, klik [OK].
-Hasilnya, akan mendapatkan karakter-karakter yang berantakan, berarti tinggal klik [SEND], maka akan terkirim ke tujuan secara aman plus anti sadap.
Tambahan :
Untuk dekripsinya, buka dulu e-mail nya, nanti akan dapat isi pesan yang berantakan, nah isi pesan yang terdiri karakter yang berantakan anda blok semua, kemudian anda copy & pastekan di microsoft Word ataupun notepad (gmn enaknya aja), yang sudah dipastekan tadi diblok lagi semua, nah dalam keadaan terblok klik kanan gambar gembok A-lock pilih Decrypt, masukkan password/kunci klik[OK], dan akan terbaca plain teksnya.
Nah,kalo yg ini aplikasi nya dpt digunakan pada mailist kita skrg
Aplikasi pada Mailist
Syaratnya :
-Setiap anggota mailist memiliki software A-lock
-Setiap anggota mailist mengetahui kesepakatan password/kunci yang digunakan untuk enkripsi & dekripsi.
-Setiap anggota mailist mengetahui cara-cara menggunakan aplikasi A-lock untuk enkripsi & dekripsi
Jika semua syarat tadi terpenuhi, maka aplikasi secure e-mail pada mailist bisa terlaksana dengan baik

Tidak ada komentar: