Minggu, 13 Maret 2011

ANALISIS TANTANGAN DALAM DUNIA TEKNOLOGI INFORMASI

Kemajuan yang pesat dalam bidang teknologi informasi di dunia menyebabkan kemampuan komputer maju pesat, kemampuan komputer selalu meningkat setiap tahunnya termasuk di Indonesia. Dalam hal penggunaan Internetpun Indonesia telah mencapai 45 pengguna berdasarkan data dari Kementrian Kominfo tahun lalu, sementara telepon selular pun tumbuh sangat pesat dan saat ini mencapai 180 juta pelanggan atau 80% penduduk Indonesia. Di bidang social media, pengguna Facebook di Indonesia mencapai 33 juta, dan menempati peringkat nomor 2 di dunia setelah Amerika. Sementara itu, pengguna Twitter di Indonesia sebanyak 6,24 juta, berdasarkan data pada September 2010.
Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa keberadaan teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan bangsa Indonesia. Sayangnya dalam penggunaanya bangsa Indonesia sendiri masih belum bisa memaksimalkan penggunaan media-media teknologi yang sudah ada tersebut guna memajukan dan mensejahterakan bangsa ini. Jika dilihat dari kenyataan yang ada pertumbuhan ekonomi di Indonesia baik, tetapi pertumbuhan tersebut lebih didorong oleh konsumsi saja. Hal ini membuat kita lebih menjadi penikmat keringat orang luar negeri. Akibatnya, penciptaan lapangan kerja di Indonesia masih terbatas dan angka kemiskinan pun masih tinggi. Di bidang teknologi hal ini terjadi produk yang kita nikmati kebanyakan adalah produk impor terutama dari Jepang dan China. Meskipun sebernarnya juga masih ada beberapa orang Indonesia yang mampu menciptakan teknologi terbaru. Berikut hal-hal yang merupakan tantangan dalam dunia teknologi informasi di Indonesia :
  1. Peningkatan produktivitas, kreativitas, serta daya saing individu, organisasi, dan bangsa Indonesia dalam hal penciptaan teknologi terbaru.
  2. Peningkatan hardskill dan softskill, yang dimaksud softskill disini bukan hanya menyakut ketrampilan dalam penguasaan teknologi melainkan menyangkut kemampuan untuk berkomunikasi, beradaptasi pada situasi yang berbeda-beda, bernegosiasi, mengatur waktu, memecahkan masalah, bekerja dalam tim dan memimpin suatu tim.
  3. Memanfaatkan peluang yang ada kalo tidak ada berusahalah untuk menciptakan peluang sendiri caranya dengan mempersiapkan diri kita dengan membuka wawasan bagi munculnya ide baru dan masukan-masukan.
  4. Dan yang paling mudah adalah menggunakan produk teknologi buatan anak negeri sendiri. Dengan begitu secara tidak langsung anda telah mendorong kemajuan pembuatan teknologi anak bangsa sendiri.