Kamis, 31 Maret 2011

Review BlackBerry Tour 9630


BlackBerry Tour 9630 merupakan pengganti dari seri BlackBerry 8830 World Edition. martphone ini merupakan produk Research In Motion kedua yang mendukung CDMA dan GSM sekaligus (dual standby). pada kedua modus jaringan yang didukung, RIM membenamkan dukungan konektivitas data kecepatan tinggi. Untuk GSM, smartphone ini mendukung HSDPA 7,2Mbit/s, sedangkan pada jaringan CDMA, EVDO-Rev A mampu menyajikan data hingga kecepatan 3,1Mbit/s.BlackBerry Tour 9630 memiliki layar berukuran diagonal 2,4 inci dan mampu menghadirkan 65.536 warna pada resolusi 480x360 piksel. 

Dengan BlackBerry Internet Service, hingga 10 akun email yang mendukung POP3 atau IMAP4 bisa diintegrasikan di sini. Bila email mengandung attachment, pada Tour tersedia attachment viewer untuk dokumen Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Corel WordPerfect, PDF, JPG, GIF, dan lain-lain.

Dari sisi desain, BlackBerry Tour 9630 tampak sebagai kombinasi antara Javelin dengan Bold. Dengan 112 x 62 x 14,2 milimeter, ukuran Tour berada di tengah-tengah antara Javelin dengan Bold, meski Tour 0,2 milimeter lebih tebal dibanding Bold 9000. Bobot Tour juga berada di tengah keduanya dengan 130 gram. Untuk input, Tour menyertakan keyboard Qwerty dengan 35 tombol. 
pada BlackBerry Tour 9630 tersedia kamera 3,2 megapiksel. Kamera yang mendukung flash, auto focus, dan image stabilization ini mendukung 2x zoom. Memanfaatkan fitur GPS, foto juga dipasangi geotag. Jika pengguna membutuhkan, merekam video juga dimungkinkan dengan ponsel ini.

Konektivitas
Seperti sudah disebutkan di atas, dari sisi konektivitas data, BlackBerry Tour 9630 seperti tidak ada matinya. EVDO Rev A untuk CDMA dan HSDPA untuk GSM sudah lebih dari cukup untuk menghantarkan data ke handset.
 BlackBerry Tour 9630 dilepas seharga Rp3,46 juta oleh Smart Telecom. Syaratnya, pengguna harus menggunakan layanan BlackBerry Hebat dari Smart (seharga Rp180 ribu per bulan, termasuk unlimited BlackBerry service dan unlimited internet up to 3,1Mbps) selama 90 hari.


Kelebihan:
- Mendukung EVDO Rev A
- Slot Kartu SIM untuk layanan HSDPA operator GSM (unlock)
- Kamera 3,2MP dengan flash, zoom, autofocus dan rekam video

Kekurangan:
- Tidak mendukung Wi-Fi
- Aplikasi hanya dapat disimpan di memori internal
- Trackball terkesan ringkih



Tidak ada komentar: