Senin, 21 Maret 2011

Bebas Dari Serangan Virus Shortcut & Hidden Folder


Virus Shortcut –apa saja langkah langkah agar komputer terbebas dari serangan virus shortcut, virus ini menyebabakan banyaknya shortcut di direktoriatau drive. Selain itu biasanya virus shortcut menyebabkan folder atau directory di hardisk / flashdisk anda disembunyikan.Tidak perlu bingung dan kaget, pada dasarnya data atau fle tersebut tidak hilang hanya attribut foldernya saja yg di set hiden dan system oleh si virus. Cara mengeceknya silahkan masuk menu tool option dari windows explorer, ceklist show hidden file & folder , Buang ceklist pada hide protected operating system. nah kan sekarang bisa keliatan folder dari data anda
Untuk membersihkan Virus shortcut ini diperlukan SMADAV Versi 8.4 ,freeware ini bisa download di smadav.net lalu instalkan smadav 8.4 nya lalu scan komputer atau flashdisk anda dengan smadav. Hal ini dilakukan untuk membuang seluruh virus shortcut pada komputer anda. Kalau proses scan sudah berakhir dan nampak jumlah virus yg menginfeksi komputer anda maka lanjutkan dengan menekan tombol Fix All pada smadav.
Cara lain yang bisa kita gunakan yaitu dengan command prompt. Langkah langkah adalah sebagai berikut

  • masuk ke command prompt
  • Klik Start >>Run , ketik CMD terus Enter .
  • Masuk ke direktori Flashdisk ( misal drive F) : maka ketik dir F: lalu Enter
  • kemudian ketikan attrib -H -S-R -A/S /D >> Enter .
  • Tunggu beberapa saat maka folder anda attributnya sudah normal kembali .
  • Selesai, file yang terhiden akan muncul kembali.
Attribut r artinya readonly, h artinya hidden, s artinya system atau orang-orang sering menyebutnya super hidden sedangkan a artinya file archive atau arsip. Penambahan tanda minus (-) artinya untuk tidak mengaktifkan attibut setelahnya. Begitu pula kalau ingin mengaktifkannya tinggal tambahkan tanda plus (+).


Terima kasih semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar: