Rabu, 16 Februari 2011

Waspada Virus Trojan Menyerang Android

Sebuah laporan penemuan virus android pertama kali dilaporkan di China. Lookout Mobile Security, developer keamanan aplikasi menyatakan virus baru jenis Trojan dapat menyerang perangkat Android. Virus  yang dijuluki "Geinimi" ini dapat dapat menghimpun data pribadi yang sangat banyak di telepon pengguna serta mengirimnya ke server mana saja secara otomatis.Hal ini juga memungkinkan pengguna kehilangan kendali penuh terhadap ponsel Androidnya karena nanti pada akhirnya penrangkat Android yang telah terinfeksi virus tersebut dapat dikendalikan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Perusahaan tersebut bahkan menyebut virus tersebut sebagai malware (malicious software) Android yang paling canggih saat ini. Pencipta Geinimi juga telah meningkatkan kecanggihan virus tersebtu agar tidak terlalu mencolok. Virus itu bekerja dengan teknik yang tidak mudah terdeteksi.
Belum diketahui motif di balik virus tersebut. Namun, kelemahan itu dapat digunakan untuk apa saja mulai dari  menyebarkan jaringan iklan jahat sampai upaya untuk menciptakan botnet di ponsel Android.
Namun jangan kuatir, seluruh aplikasi yang terdapat di Android Market telah dipastikan bebas virus apapun. Maka lebih baik jika anda langsung mendapatkan aplikasi dari Android Market atau bila memang harus mengambil dari lokasi lain, terlebih dahulu lihatlah tanggapan dari pengguna lain yang telah mengunduh sebelumnya.

Tidak ada komentar: