Senin, 31 Januari 2011

Blackberry VS Android, Siapa yang Lebih Unggul ditahun 2011 ??

Perlombaan antarproduk smartphone dimulai di tahun baru ini. Tahun 2011 ini diprediksi masih menjadi tahunnya BlackBerry (BB). Namun kehadiran BB ini akan mendapat perlawan ketat dari saingannya, yakni ponsel jenis Android. Perusahaan riset Nielsen Company melakukan ujicoba pasar di November dengan membuat poling.Nielsen menyatakan polling ini bukan patokan, meski bisa menjadi gambaran peta persaingan smartphone 2011. Menurut Nielsen, iPhone memimpin smartphone dengan penguasaan 28,6%, diikuti BlackBerry 26,1% dan Android 25,8%.

Nielsen menyebutkan perbedaan Android dan BlackBerry memang tipis namun sebenarnya Android berada di atas handset Research In Motion (RIM). Seperti diktuip PC World, pangsa pasar RIM terus berkurang beberapa bulan terakhir. Data lebih jelas penjualan terbaru menyebutkan Android memiliki pangsa smartphone 40,8% dalam enam bulan terakhir. Hal ini menunjukkan Android secara stabil meningkat sejak Juni. iPhone pun terus stabil pada 26,9%, sedangkan Blackberry hanya 19,2%. Kini, sebagian besar industri teknologi menganggap Apple dan Android paling mendominasi pasar smartphone.
Sedangkan menurut Kepala Indosat Regional Jabar Asep Suhendi memprediksi tahun ini penggunaan BB dan Android akan terus meningkat dibanding tahun sebelumnya.Dia memaparkan, dari 4,7 juta pelanggan Indosat di Jabar, sekitar 50.000 pelanggan merupakan pengguna BB Indosat. "Perubahan di masyarakat akan terjadi dari BB ke Android. Hal itu menjadi potensi pasar untuk kami, dan kami akan terus memfasilitasinya dengan pengembangan infrastuktur.

Tidak ada komentar: